On The Job Training

Pelatihan Kerja
    Pelatihan Kerja

    ON THE JOB TRAINING (OJT)

    1. Pendahuluan

    Program On the Job Training (OJT) dilaksanakan agar mahasiswa lebih mengenal kegiatan nyata dalam ruang lingkup industri Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata dan juga kedua usaha tersebut.

    Program tersebut merupakan suatu kerja sama antara STP Sahid dengan industri Perhotelan dan industri pariwisata lainnya, yang dengan sungguh-sungguh menanganinya untuk suatu tujuan bersama yaitu menciptakan tenaga profesional muda yang siap ditempatkan di lapangan kerja.

    Industri merupakan sebuah laboratorium yang berada diluar lingkungan kampus, tempat mahasiswa akan menerima petunjuk dan bimbingan yang sangat berarti dalam bentuk kegiatan pelatihan serta pengenalan terhadap sistem operasional, etika perusahaan, organisasi dan hirarki dalam perusahaan, perilaku dan keinginan tamu dan sebagainya.

    Program ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak yaitu kampus dan industri.

    2. Maksud dan Tujuan

    Melatih dan mengembangkan sumber daya manusia melalui sarana dan fasilitas yang terdapat dalam industri perhotelan dan industri pariwisata lainnya guna memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional di masa yang akan datang.
    Memberikan kepada para mahasiswa bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja dan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi.
    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menyatukan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan wawasan kegiatan suatu bidang usaha agar mereka dapat lebih percaya diri dan selalu mandiri dalam perkembangan karir di masa yang akan datang.
    Menambahkan kepada para mahasiswa pengertian akan lingkungan organisasi bidang usaha komplek dengan berbagai kegiatan di dalamnya
    Membantu industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademis.

    3. Pelaksanaan On the Job Training

    On the Job Training pada industri pariwisata atau perhotelan dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku dan dapat dapat dilaksanakan didalam negeri maupun di luar negeri.

    Jurusan Perhotelan :

    Hotel atau usaha sejenis, Restaurant & Bar, Catering, Pastry & Bakery, Cruise Ship, Commercial Laundry & Dry Cleaning, dan lainnya yang setara

    Jurusan Perjalanan Wisata :

    Biro perjalanan yang berstatus, Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Cargo, Objek Wisata, Industri Pariwisata lainnya, Instansi Pemerintah (Diparda Tingkat I, Kanwil Parsenibud)

    4. Sanksi Bagi Mahasiswa PKL

    Sanksi bagi mahasiswa yang sedang melakukan PKL di dalam maupun di luar negeri diberikan dengan ketentuan :

    Mahasiswa melakukan pelanggaran berat, seperti : indisipliner, tindakan asusila maupun pidana/ kriminal lainnya.

    Mahasiswa melakukan pelanggaran yang sangat berat yang berkaitan dengan narkoba atau tindakan kriminal yang dilengkapi dengan penahanan dari pihak berwajib, maka mahasiswa bersangkutan dapat diberikan sanksi dikeluarkan dari STP Sahid

    Mahasiswa yang dipulangkan oleh industri dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, akan diberikan kesempatan PKL pada periode berikutnya di industri yang sama setelah kondisinya sehat kembali, dan atas persetujuan industri bersangkutan, atau ditempatkan di industri lain.
    Selama menjalankan skorsing yang bersangkutan dilarang mengikuti kegiatan akademik yang bersifat kurikuler maupun ekstra kurikuler.

    Mahasiswa yang bersangkutan tetap harus memenuhi kewajiban administrasi keuangan yaitu membayar daftar ulang dan BPP secara penuh.